Meriahkan HUT RI ke-79, Desa Pinang Dalam Rayakan dengan Ragam Tradisi dan Apresiasi - LP2M

Meriahkan HUT RI ke-79, Desa Pinang Dalam Rayakan dengan Ragam Tradisi dan Apresiasi

Meriahkan HUT RI ke-79, Desa Pinang Dalam Rayakan dengan Ragam Tradisi dan Apresiasi


 Pinang Dalam (lp2m.iainptk.ac.id) - Pada tanggal 17 Agustus 2024, Desa Pinang Dalam merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79 dengan berbagai rangkaian kegiatan. Acara dimulai dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan di Lapangan Yudha Sakti. 

Upacara ini diikuti oleh warga desa serta mahasiswa KKL yang sedang melakukan program di desa tersebut. Para peserta upacara mengenakan pakaian adat dan profesi sesuai dengan dress code yang telah ditetapkan. Mahasiswa KKL tampil beragam dengan mengenakan baju adat Dayak, baju kurung Melayu, dan baju adat Jawa.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta, Desa Pinang Dalam membagikan 100 caping kepada 100 orang pertama yang hadir dalam upacara. Selain itu, panitia juga membagikan nomor undian kepada para peserta untuk mendapatkan doorprize yang akan diumumkan di akhir kegiatan. 

Kepala desa juga memberikan apresiasi khusus kepada warga atau mahasiswa yang mengenakan pakaian adat secara totalitas. Salah satu mahasiswa KKL mendapatkan apresiasi ini karena tampil sempurna dengan baju adat Dayak.

Setelah upacara pengibaran bendera selesai, seluruh peserta diajak untuk makan bersama di rumah Bapak Wawan, salah satu tokoh masyarakat Desa Pinang Dalam. Pada sore harinya, acara dilanjutkan dengan lomba balap karung untuk anak-anak di Lapangan Yudha Sakti. Setelah lomba selesai, peserta kembali menghadiri upacara penurunan bendera.

Malam harinya, warga dan mahasiswa diundang untuk menonton pertunjukan kesenian tradisional jaranan atau kuda lumping yang diadakan di Desa Pinang Dalam blok D. Kesenian ini menambah semarak perayaan HUT RI ke-79, mengakhiri rangkaian kegiatan hari itu dengan meriah dan penuh kegembiraan.

Penulis : Nabila Syeban



EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak