
Selakau, Sambas (lp2m.iainptk.ac.id) - Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) IAIN Pontianak berkolaborasi dengan beberapa Sekolah Dasar (SD) di Selakau Tua, yaitu SDN 02 Selakau Tua dan SDN 03 Selakau Tua. Mereka melaksanakan program kerja berupa pojok literasi untuk meningkatkan minat menulis, membaca, serta menambah pengetahuan dan wawasan siswa-siswi tingkat SD, khususnya di Selakau Tua, Kecamatan Selakau Timur, Kabupaten Sambas, pada Senin (29/07/2024).
Elvira, salah satu mahasiswa KKL, menyatakan bahwa pojok literasi ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu hingga dua minggu dengan target siswa SD kelas bawah. "Pojok literasi ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu sampai dua minggu dengan target siswa SD kelas bawah," ujar Elvira.
Pada pagi hari, mahasiswa KKL mengunjungi SDN 02 Selakau Tua untuk membahas lebih lanjut program kerja yang telah direncanakan. Kepala sekolah, Rahmat, menyambut baik inisiatif ini.
"Kami sangat senang dan terbuka dengan kedatangan mahasiswa karena telah memilih sekolah kami untuk melaksanakan program kerja serta menjalin silaturahmi dengan pihak SDN 02 Selakau Tua," ungkap Rahmat.
Diskusi antara mahasiswa KKL dan dewan guru SDN 02 Selakau Tua berlangsung dengan baik. Sri, salah satu guru di SDN 02, memberikan saran terkait target program kerja.
"Untuk pojok literasi yang ingin dilaksanakan teman-teman mahasiswa KKL, kami menyarankan targetnya di kelas 1 SD atau kelas 4 SD untuk tingkatan yang sedikit lebih tinggi," kata Sri.
Setelah diskusi, mahasiswa KKL meninjau kelas-kelas yang akan menjadi sasaran program kerja mereka. Mereka juga berkesempatan bertemu dan berkenalan dengan siswa-siswi kelas 1 di SDN 02 Selakau Tua.
Program pojok literasi ini diharapkan dapat membangkitkan minat baca dan menulis siswa sejak dini, serta memberikan dampak positif dalam perkembangan akademik mereka. Melalui kolaborasi ini, mahasiswa KKL IAIN Pontianak berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan, khususnya di Selakau Tua.
Penulis : Muhammad Aidil
EmoticonEmoticon