Mahasiswa KKL Berikan Metode Pembelajaran Interaktif di PAUD Al-Mu’min - LP2M IAIN PONTIANAK

Mahasiswa KKL Berikan Metode Pembelajaran Interaktif di PAUD Al-Mu’min

Mahasiswa KKL Berikan Metode Pembelajaran Interaktif di PAUD Al-Mu’min


Selakau Tua, Sambas (lp2m.iainptk.ac.id) - Pada hari Senin, 30 Juli 2024, mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kelompok 40 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak melakukan kolaborasi dengan PAUD Kelompok Bermain Al-Mu’min di Desa Selakau Tua, Kecamatan Selakau Timur, Kabupaten Sambas.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pengetahuan anak-anak usia dini, khususnya dalam hal mengenal angka, abjad, dan konsep dasar lainnya.

Kehadiran mahasiswa KKL disambut hangat oleh pihak PAUD, termasuk oleh Nanik, salah satu pengajar di PAUD Al-Mu’min. "Kami senang sekali menerima hal-hal seperti ini, terutama karena kami baru saja menerima peserta didik baru. Kehadiran teman-teman mahasiswa KKL sangat membantu," ucap  Nanik. 

Mahasiswa KKL turut serta dalam membantu mengembangkan kreativitas anak-anak PAUD, mengingat pentingnya membina generasi muda sejak usia dini. Anak-anak pun terlihat gembira dengan kehadiran para mahasiswa, yang membawa metode pembelajaran interaktif dan menyenangkan.

Selain kegiatan belajar dasar seperti angka dan abjad, pihak PAUD berharap mahasiswa KKL dapat membantu mengajari anak-anak surah-surah pendek. Ini bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak dalam mengikuti Seleksi Tilawah Qur’an (STQ) yang akan diadakan oleh desa Selakau Tua.

"Kami berharap mahasiswa KKL bisa mengajari peserta didik kami untuk belajar surah pendek, agar mereka siap mengikuti STQ," tambah Ibu Nanik.

Kegiatan di PAUD berlangsung dalam suasana akrab dan hangat, meskipun tidak berlangsung lama karena masih dalam tahap perkenalan. Anak-anak pun kemudian dipulangkan ke rumah masing-masing setelah kegiatan selesai. 

Kehadiran mahasiswa KKL di PAUD Al-Mu’min diharapkan dapat memberikan dampak positif, baik bagi anak-anak maupun bagi para mahasiswa dalam menjalankan program kerja mereka selama KKL. Kolaborasi ini menjadi contoh sinergi antara pendidikan tinggi dan pendidikan anak usia dini dalam membangun generasi yang kreatif dan berpengetahuan.

Penulis : Muhammad Aidil



EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak