Padi Jaya, 31 Juli 2025 (lp2m.iainptk.ac.id) - Sorak sorai dan tawa penuh semangat terdengar dari halaman Madrasah Mambaul Ulum. Suasana sore yang cerah dengan antusiasme luar biasa para siswa kelas 7, 8, dan 9 dalam mengikuti kegiatan Taman Belajar (Outbound) Bermain Galah Kepung yang digagas oleh mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) IAIN Pontianak.
Permainan Galah Kepung, permainan tradisional yang memadukan strategi, kecepatan, dan kekompakan tim, menjadi pilihan dalam kegiatan Taman Belajar untuk remaja. Dalam kegiatan ini, sebanyak 6 tim yang masing-masing beranggotakan 5 siswa, saling berlomba menjadi tim terbaik dalam mengatur taktik, fokus, dan kekompakan untuk menaklukkan lawan.
Dengan wajah penuh semangat dan tubuh yang lincah, para siswa menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Mereka berlari cepat, menghindar, menyerang, dan bertahan dalam permainan yang bukan hanya menghibur, tetapi juga melatih konsentrasi, ketangkasan, kerja sama tim, kecepatan, serta pengambilan keputusan cepat di lapangan.
“Kami sangat senang bisa ikut kegiatan ini. Meski seperti main biasa, tapi ternyata susah juga. Harus cepat, fokus, dan kompak. Seru banget!” ujar salah satu siswa kelas 9 sambil tersenyum puas setelah pertandingan.
Kegiatan ini dipandu langsung oleh mahasiswa KKL yang berperan sebagai fasilitator Mereka menjelaskan aturan permainan, memandu jalannya kompetisi, serta mengawasi jalannya pertandingan dengan sportif dan adil. Dalam prosesnya, para siswa tidak hanya bersaing, tetapi juga saling mendukung, menciptakan suasana yang sehat dan menyenangkan.
“Kami ingin menghadirkan suasana belajar yang berbeda. Galah Kepung bukan hanya permainan, tapi juga sarana untuk menumbuhkan jiwa sportivitas, kepemimpinan, fokus, dan kekompakan yang sangat penting dalam pembentukan karakter remaja,” ujar lili salah satu mahasiswa KKL Padi Jaya 2.
Dari enam tim yang bertanding, akhirnya terpilih satu tim sebagai pemenang utama yang berhasil menunjukkan kerja sama terbaik, refleks yang cepat, serta konsentrasi tinggi sepanjang permainan. Sebagai bentuk penghargaan, tim pemenang diberikan hadiah simbolis yang semakin menambah semangat dan kebanggaan mereka.
Melalui permainan Galah Kepung, mahasiswa KKL IAIN Pontianak berhasil menghadirkan suasana belajar yang aktif, kreatif, menyenangkan, dan membangun nilai-nilai positif bagi siswa madrasah. Kegiatan ini membuktikan bahwa proses belajar bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, tanpa harus kehilangan esensi edukatifnya.
Dengan semangat kebersamaan dan tujuan membentuk generasi muda yang tangguh dan cerdas, Taman Belajar berdampak nyata bagi siswa-siswi MTs Mambaul Ulum.
Penulis : Lili Rahmawati
