Belajar sambil bermain Estafet Karet Latih Konsentrasi dan Kerja Sama Siswa Kelas awal - LP2M IAIN PONTIANAK

Belajar sambil bermain Estafet Karet Latih Konsentrasi dan Kerja Sama Siswa Kelas awal

Belajar sambil bermain Estafet Karet Latih Konsentrasi dan Kerja Sama Siswa Kelas awal


 Padi Jaya, 31 juli  2025 (lp2m.iainptk.ac.id) – Suasana riang dan penuh semangat menyelimuti halaman Madrasah Mambaul Ulum pagi itu. Siswa-siswi dari kelas 1,2,3 MIS Mambaul Ulum tampak antusias mengikuti kegiatan Taman Belajar (outbound ) yang merupakan Program Kerja mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) IAIN Pontianak. Salah satu permainan yang paling menyita perhatian adalah estafet karet, permainan sederhana namun penuh manfaat edukatif.

Dengan konsep belajar sambil bermain, permainan estafet karet ini dirancang untuk melatih konsentrasi, keseimbangan, kerja sama tim, dan fokus anak dalam suasana yang menyenangkan. Permainan ini dimainkan secara berkelompok, terdiri dari 4 orang dalam satu tim, dan dalam kegiatan kali ini dibentuk 6 tim yang saling berlomba menyelesaikan tantangan dengan cepat dan tepat.

Setiap peserta diminta memindahkan karet menggunakan sedotan tanpa bantuan tangan, lalu mengoperkannya ke rekan satu tim secara berurutan hingga ke anggota terakhir. Permainan ini tidak hanya menguji ketangkasan, tetapi juga mendorong siswa untuk fokus, saling bekerja sama, dan membangun kekompakan dalam tim.

“Awalnya kami pikir ini hanya permainan biasa, tapi ternyata butuh konsentrasi dan kerja sama yang kuat. Anak-anak sangat menikmatinya,” ujar salah satu mahasiswa KKL yang menjadi fasilitator kegiatan.

Kegiatan ini menjadi bagian dari program Taman Belajar yang bertujuan menghadirkan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Anak-anak tampak begitu semangat dan gembira. Mereka tertawa bersama, saling menyemangati, dan menunjukkan semangat kompetisi yang sehat.

“Senang sekali main estafet. Seru! Kakak KKL juga baik,” ujar siswa kelas 2 dengan wajah ceria.

Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah kepada tim yang memenangkan permainan. Mahasiswa KKL berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan sebagai bagian dari proses pembelajaran yang lebih humanis dan menyenangkan.

Dengan pendekatan yang ceria namun edukatif, Program Taman Belajar melalui permainan estafet karet telah berhasil memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan bagi siswa kelas awal. Ini menjadi bukti bahwa pembelajaran tidak selalu harus dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dihadirkan dalam bentuk yang lebih kreatif, menyenangkan, dan penuh makna.

Penulis : Lili Rahmawati

Disqus Comment

Ad Placement

Formulir Kontak