IAIN Pontianak Dorong Penguatan Literasi Matematika dan Karakter Peserta Didik di SDN 24 Sui. Kakap - LP2M IAIN PONTIANAK

IAIN Pontianak Dorong Penguatan Literasi Matematika dan Karakter Peserta Didik di SDN 24 Sui. Kakap

IAIN Pontianak Dorong Penguatan Literasi Matematika dan Karakter Peserta Didik di SDN 24 Sui. Kakap

 

Kubu Raya – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung dunia pendidikan melalui pelaksanaan kegiatan bertajuk “Penguatan Literasi Matematika dan Karakter Peserta Didik SD Melalui Pojok Digital Sekolah Berbasis Media VISIDI-MIPAI”. Kegiatan ini berlangsung di SDN 24 Sui. Kakap, Kabupaten Kubu Raya, dan melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, guru, dan masyarakat setempat.

Program ini dirancang untuk memberikan solusi inovatif dalam meningkatkan literasi matematika sekaligus membangun karakter peserta didik, khususnya di tingkat sekolah dasar. Kegiatan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dijalankan oleh Dosen IAIN Pontianak dari Prodi Tadris Matematika, Havizul, S.T., M.Pd. dengan melibatkan mahasiswa dari Program Studi Tadris Matematika dan PAI. Pojok Digital Sekolah Berbasis Media VisIDi-MiPAI berfungsi sebagai sarana pembelajaran Matematika dan pembinaan karakter peserta didik sekolah  dasar yang memanfaatkan teknologi digital.

Ketua pelaksana pengabdian, Havizul menyatakan bahwa kegiatan PKM Berbasis Riset ini berangkat dari hasil analisis kebutuhan akan media pembelajaran berbasis digital yang mampu menghadirkan pengalaman belajar yang ineraktif, menarik, relevan, bermakna, dan berkesinambungan. "Kami melihat adanya peluang untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan literasi matematika yang masih menjadi tantangan di sekolah dasar. Selain itu, kami juga ingin menanamkan nilai-nilai karakter, terutama pencegahan bullying, melalui pendekatan berbasis digital ini," ujar Ketua pelaksana pengabdian.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan identifikasi kebutuhan peserta didik dan sekolah, yang kemudian dilanjutkan dengan perancangan konten digital. Konten tersebut mencakup materi matematika, seperti operasi arimatika dan konsep uang, serta materi penguatan karakter yang berfokus pada pencegahan perilaku bullying.

Kepala SDN 24 Sui. Kakap menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. "Kami sangat terbantu dengan hadirnya Pojok Digital Sekolah. Anak-anak terlihat lebih antusias belajar, khususnya dalam memahami konsep-konsep matematika yang sebelumnya mereka anggap sulit. Tidak hanya itu, pembinaan karakter bagi peserta didik juga menjadi lebih efektif, terutama untuk pencegahan perilaku bullying yang merupakan salah satu program prioritas di sekolah ini." tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan identifikasi kebutuhan peserta didik dan sekolah, yang kemudian dilanjutkan dengan perancangan konten digital. Konten tersebut mencakup materi matematika, seperti operasi arimatika dan konsep uang, serta materi penguatan karakter yang berfokus pada pencegahan perilaku bullying.

Kepala SDN 24 Sui. Kakap menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. "Kami sangat terbantu dengan hadirnya Pojok Digital Sekolah. Anak-anak terlihat lebih antusias belajar, khususnya dalam memahami konsep-konsep matematika yang sebelumnya mereka anggap sulit. Tidak hanya itu, pembinaan karakter bagi peserta didik juga menjadi lebih efektif, terutama untuk pencegahan perilaku bullying yang merupakan salah satu program prioritas di sekolah ini." tuturnya.






EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak