PSGA Tandatangani MoU dan PKS Dengan DP3A dan PKBI Sekaligus Gelar Seminar Pencegahan dan Penanganan
PSGA LP2M IAIN Pontianak

By LP2M.IAINPTK 24 Nov 2022, 16:02:58 WIB Informasi
PSGA Tandatangani MoU dan PKS Dengan DP3A dan PKBI Sekaligus Gelar Seminar Pencegahan dan Penanganan

Keterangan Gambar : Kapus PSGA Menandatangani MoU dan PKS


Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Pontianak yang dipimpin oleh Dr. Fitri Kusumayanti, M.Si. bekerjasama dengan DP3A dan PKBI menandatangani MoU dan PKS sekaligus menyelenggarakan Seminar Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus, Kamis (24/11) di Aula Abdul Rani Machmud. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Dihadiri pula oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ismail Ruslan, M.Si.


Dalam sambutan Gubenur Kalimantan Barat yang diwakilkan oleh  ibu Natalia Karyawati M. Si ( staf ahli  bidang hukum,politik dan pemerintahan) mengungkapkan, peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk menjaga kenyamanan dalam proses belajar mengajar agar tindak kekerasan seksual yang terjadi di dalam kampus dapat terhindar. Kerjasama ini sebagai bentuk implementasi UU PPKS nomor 2 tahun 2022. Kegiatan ini membuktikan respon cepat dari IAIN Pontianak dengan menggandeng DP3A dan PKBI sebagai mitra kerja dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

Baca Lainnya :


Wakil Rektor III IAIN Pontianak  Dr. Ismail Ruslan, M.Si menerangkan, penghormatan perempuan di dalam Al-Qur'an sangat dijunjung tinggi sehingga terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan itu selayaknya tidak terjadi sesuai dengan perintah Allah itu sendiri.


Acara kemudian dilanjutkan dengan Seminar Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus. Sebagai narasumber pertama, Wakil Rektor III, Dr. Ismail Ruslan, M.Si dengan tema Penghormatan Perempuan Perspektif Islam. Sebagai narasumber kedua,  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Barat, Yuline Marhane M.Si dengan tema Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus. Narasumber ketiga, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Wilayah Kalimantan Barat yang diwakili Sekretaris PKBI, Dr. Surah Wardi, M.Pd  dengan tema Pembentukan Karakter Pada Remaja.


Mahasiswa yang hadir tampak antusias mendengar setiap materi dari narasumber. Bahkan buntut dari kegiatan ini direncanakan akan dibentuk  Satuan Tugas PPKS di lingkungan IAIN Pontianak.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment