Gelar Pelatihan Mengurus Jenazah untuk melahirkan Estafet Dalam Fardhu Kifayah

By LP2M.IAINPTK 29 Agu 2022, 08:35:54 WIB Informasi
Gelar Pelatihan Mengurus Jenazah untuk melahirkan Estafet Dalam Fardhu Kifayah

LP2M IAIN Pontianak- Mahasiswa KKL IAIN Pontianak sukses gelar Pelatihan Mengurus Jenazah, Fardhu Kifayah yang mengusung tema "mengembangkan dan mengimplementasikan wawasan tentang pengurusan jenazah di Masyarakat" di Masjid Jami'Mujahidil Islam Desa Punggur Besar. Minggu (14/8/22).

Ketua Kelompok, Muhammad Abdillah menjelaskan bahwa Fardhu Kifayah merupakan Salah satu kewajiban yang apabila didalam satu kampung satu orang sudah melaksanakan kewajiban tersebut maka gugurlah kewajiban untuk Masyarakat Muslim yang lain. 

"Fardhu Kifayah ini merupakan Kewajiban yang pasti dilakukan oleh setiap Orang, bahkan orang-orang yang mengurusi fardhu kifayah ini tidak jarang ialah orang-orang yang memiliki usia lanjut"terangnya.

Baca Lainnya :

Abdillah juga berharap dengan adanya Kegiatan ini menjadi satu tangga yang baik untuk anak muda dalam berbaur dalam Proses pengurusan jenazah nantinya.

"Harapan saya dengan kegiatan dapat membantu Remaja untuk menjadi Estafet Dalam Pengurusan Fardhu Kifayah Karena orang-orang yang sudah lanjut usia tadi akan terus menua dan jika tidak ada pelatihan ini akan kehilangan penerus dalam kepengurusan Jenazah selanjutnya ini" tuturnya.

Ustadz Zainuddin Selaku Pengurus Masjid Jami' Mujahidil Islam dan merupakan Tokoh agama Di Desa Punggur Besar bersyukur dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa KKL IAIN Pontianak Posko Punggur Besar ini.

"Saya sangat Bersyukur dengan adanya pelatihan ini karena Pelatihan ini jarang dilakukan Terkhusus pada Remaja Masjid Desa Punggur Besar untuk mengetahui Sebagaimana Hukum dan Fardhu Kifayah itu sendiri" terangnya.

Kemudian Ustadz Zainuddin juga  membenarkan dari prakata yang disampaikan oleh Ketua Kelompok Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Posko Punggur Besar.

"Kegiatan ini pula merupakan Kesempatan bagi Remaja Karena tidak sembarang orang dapat menerima pelatihan ini secara langsung minimal pengaplikasiannya untuk orang tua Remaja yang hadir pada Pagi ini dan kegiatan dapat membantu Remaja untuk menjadi Estafet Dalam Pengurusan Fardhu Kifayah Karena orang-orang yang sudah lanjut usia tadi akan terus menua"membenarkan.

Ustadz Zainuddin sebagai pengurus masjid Jami'Mujahidil Islam juga Berharap ilmu yang di dapatkan hari ini dapat diterapkan ke Masyarakat yang meninggal Dunia terlebih keluarga.

"Saya selaku pengurus Masjid Berharap setelah adanya kegiatan ini Remaja -  Remaja Masjid dapat mengaplikasikan dan menerapkan ilmu tersebut ke Masyarakat Terkhusus pada anggota keluarga yang meninggal Dunia"tutupnya.

Reporter : Muharrafah




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment