Pada Tahun 2018, Kemenag membuat gebrakan dengan mewajibkan semua penelitian dilakukan secara online melalui situs Litapdimas.kemenag.go.id. perubahan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas baik output maupun outcome penelitian. seluruh laporan hasil , output maupun outcome penelitian di IAIN Pontianak akan dilakukan cek plagiasi menggunakan anti plagiasi Turnitin untuk memastikan bebas plagiasi. hal ini dilakukan untuk melaksanakan amanah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Permendiknas Nomor 17 Tahun 2010 yang secara jelas mengatur tentang plagiasi.

Jika pada tahun 2017 peneliti hanya diwajibkan untuk Submit/mengirim artikel ke Jurnal yang berarti tidak harus terbit karena tuntutannya hanya ada bukti pengiriman yang dicetak atau ada surat keterangan dari pengelola jurnal, pada tahun 2018 ini semua artikel yang merupakan outcome penelitian harus terbit di jurnal sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat jenderal Pendidikan Islam Nomor 1056 tentang Panduan Umum Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelaporan Penelitian pada Perguruan Tinggi Keagamaan.

pada tahun 2018, peraturan terbaru yang saat ini masih disempurnakan lagi, mengakomodir dan menghargai dosen yang mempunyai indeks di google minimal 3 dan dosen yang artikelnya terbit pada jurnal terakreditasi atau bereputasi internasional dengan memberikan kesempatan mengajukan proposal penelitian ganda. proposal ganda yang dimaksud bisa proposal yang diajukan untuk DIPA Pendis kedua-duanya, atau DIPA Pendis dengan DIPA Satker.

Meskipun masih draft, juknis terbaru penelitian sudah diminta mensosialisasikan lebih awal kepada PTKIN Seluruh Indonesia agar dapat diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan penelitian. hal ini dilakukan agar tidak terjadi server down seperti pada waktu sebelumnya karena situs Litapdimas Kemenag diakses seluruh dosen/peneliti se Indonesia, dan agar proposal yang disiapkan bisa lebih baik lagi.

LP2M IAIN Pontianak akan mengajukan usulan perpanjangan sampai hari Jum’at jam 16.00 tanggal 16 Februari 2018 untuk penelitian yang biayanya berasal dari DIPA Satker (IAIN Pontianak), sedangkan waktu pendaftaran untuk DIPA Pendis sampai saat ini masih menunggu keputusan dari pusat.

bagi dosen/peneliti yang bermaksud mengajukan proposal ganda atau berkolaborasi dengan dosen/peneliti pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lain, diharapkan segera mengupload proposalnya ke situs Litapdimas. Penelitian kolaborasi dengan perguruan tinggi lain pada tahun 2018 oleh dosen IAIN Pontianak hanya untuk penelitian dengan sumber BOPTN dari Pendis.

bagi dosen/peneliti yang sudah terdaftar pada proposal penelitian pengembangan program studi (23 proposal kelompok) dan proposal penelitian interdisipliner (18 proposal kelompok) yang sudah terdaftar pada situs Litpadimas dan juga pengaju proposal baru agar segera mengumpulkan printout proposal ke LP2M dengan batas waktu terakhir tanggal 16 Februari 2018 jam 16.00 WIB. Draft juknis bisa didownload pada menu Download

 

Kepala Pusat Penelitian

Dr. Imron Muttaqin, M.Pd.I, M.H.I

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here