Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Dr. Hamka Siregar, M.Ag. melepas 28 mahasiswa Program PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) ke Serawak-Malaysia di Aula Lantai IV Gedung Rektorat IAIN Pontianak, 02 Desember 2016. Program PPM ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, dimulai pada tanggal 04 s/d 30 Desember 2016 di Serawak-Malaysia.

Dalam sambutannya, Rektor memberikan arahan dan motivasi kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan yang sangat langka ini guna mencari pengalaman dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. “Selamat kepada adik-adik mahasiswa yang telah lulus seleksi untuk mengikuti Program PPM ke Serawak-Malaysia ini. Kalian adalah orang-orang yang beruntung yang diberikan kesempatan yang sangat langka. Jadikanlah momen ini untuk mencari pengalaman dan dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.” Ujar Rektor.

Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan permintaan kerjasama dari Harakah Islamiah (HIKMAH) Serawak kepada IAIN Pontianak. Dikarenakan HIKMAH Serawak mempunyai kosentrasi pada kegiatan-kegiatan di bidang pembinaan ummat, secara geografis dekat dengan IAIN Pontianak dan IAIN Pontianak adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang berkewajiban melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi (Pengabdian pada Masyarakat), maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak memfasilitasi Program PPM tersebut.

Program PPM ini merupakan kegiatan kedua pada tahun 2016, sebelumnya kegiatan serupa (pertama) telah dilaksanakan pada bulan Juli 2016, bertepatan dengan bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh IAIN Pontianak bekerja sama dengan HIKMAH Serawak dan diikuti oleh 28 mahasiswa. 28 mahasiswa tersebut terdiri dari 21 mahasiswa dari IAIN Pontianak, 5 mahasiswa dari IAIN Palopo Sulawesi Selatan, dan 2 mahasiswa dari IAIN Kerinci Jambi. Ke-28 mahasiswa tersebut sudah melewati rangkaian seleksi yang sangat ketat di kampusnya masing-masing.

Di Serawak-Malaysia, para peserta akan ditempatkan di desa-desa untuk membina para muallaf (orang yang baru masuk Islam). Di antara tugas-tugas mereka ialah mengajarkan dasar-dasar ajaran agama Islam, baca Al-Qur’an, praktek ibadah seperti cara wudhu, tayammum, sholat dan sebagainya. Oleh karena itu, salah satu syarat yang harus dimiliki oleh para peserta adalah memiliki pengetahuan agama Islam, bisa ceramah, kultum, dan yang paling penting ialah bisa baca-tulis Al-Qur’an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here